Mengenal Visual Basic

Mengenal Visual Basic...

Apa itu Visual Basic...???


Microsoft Visual Basic merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).


Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak computer berbasis grafik dengan cepat.

Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

            Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic. Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.

Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas.Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.


Lingkungan kerja Visual Basic

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman Visual sehingga dapat mempermudah dalam mendesain tampilan program atau lebih di kenal dengan istilah user interface.
Hal ini sangat bermanfaat untuk membuat program yang berkerja dalam lingkungan Windows yang tampilannya lebih rumit.
Dengan bahasa pemrograman biasa / non Visual, waktu seorang programer lebih banyak dihabiskan untuk mendesain tampilan program dibandingkan dengan penulisan program utamanya.
Visual Basic adalah suatu bahasa pemrograman Visual Basic yang merupakan pengembangan terkhir dari Basic. Seperti yang terlihat pada gambar sebagai berikut:

Gambar 1.3 Tampilan Awal Visual Basic
1.4 Lingkungan Kerja  Visual Basic 6.0
Layar Visual Basic adalah suatu lingkaran besar mempunyai beberapa bagian yang memiliki sifat :
1.Floating Dapat digeser-geser komposisi mana saja dengan meggunakan mouse
2.Sieabl:dapat diubah-ubah ukurannya, seperti halnya merubah ukuran pada jendela Windows.
3.Dockable : Dapat menempel pada bagian lain yang berdekatan. Dapat dipindah-pindahkan, digeser, diperbesar atau diperkecil ukuran setiap komponen layer Visual Basic sama dengan manipulasi jendela Windows.
Integrated Development Environment (IDE) Merupakan bidang atau lingkungankerja dari Visual Basic 
1.Project adalah sekumpulan modul atau program aplikasi itu  sendiri,
project di simpan dalam file berek-stensi,VBP berisi from – from , ada 3 cion dalam project yaitu :
  View Code      : tampilan jendela kode program
  View Object : Tampilan bentuk Formulir
  Toggle Folder :Tampilan bentuk Folder Penyimpanan File
2.From adalah objek yang di pakai untuk tempat bekerja apilkasi,       didalamnya ditempat di letakkan objek-ebjek lain.
3.ToolBox adalah kotak alat yang berisi icon-icon atau komponene untuk memasukan objek terterntu ke dalam from
4.Properties adalah untuk menentukan setting suatu objek,menentukan cara kerja dari objek saat program di jalankan.
5.Kodeprogram adalah serangkaian tulisan perintah yang akan di laksanakn jika suatu objek di jalankan.
6.Tool Box adalah kumpulan dari objek user interface dan control untuk program aplikasi.
7.Label adalah untuk menampilkan teks pada from,tetapi pemakai tidak bias berinteraksi dengannya.
8.Command Button fungsinya untuk menbuat tobol pelaksana suatu perintah.
9.CommBox fungsinya sebagai rempat mengetikan pilihan atau memilih suatu piolihan lewat Drop-Drown-List.
VB mempunyai beberapa komponen yang sangat mendukung di dalam mendesign suatu program . Seperti pada gambar yang ada dibawah ini :

Gambar 4.1 lingkungan kerja Visual Basic
1.4 komponen-komponen Visual Basic
1.Title bar
Fungsinya untuk mengetahui program yang sedang berjalan atau yang sedang aktif dan file yang sedang di kerjakan.
2.Menu bar
Menu bar terletak paling atas pada IDE, Menu merupakan kumpulan perintah – perintah yang di kelompokan di dalam criteria operasi yang di hasilkan,Menampilkan daftar menu yang berisi daftar perintah-perintah yang dapat di gunakan saat bekerja pada Visual BASIC.
Table 2.2 Baris Menu
Nama
Keterangan
File
berfungsi untuk mengatur suatu fille,
Edit
berfungsin untuk pengeditan
View
perintah untuk mengaktifkan bagian dari IDE
Project
berfungsi untuk manajemen projectserta pendukungnya
Format
kelompok untuk perintah melakukan proses
Debug
untuk pengaturan dalam pencarian kesalahan program
Run
untuk menangani proses kompilasi program
Query
kumpulan perintah untuk mengakses data database
Diagram
untuk pengaturan diagram di dalam proses perancangan
Tools
penyedia perlengkapan tambahan
Add-Ins
untuk pengaturan program tambahan bagi VB6
Windows
pengaturan windows yang sedang  terbuka
Help
menyediakan informasi untuk menolong pemakai
3.ToolBar
Tool bar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic.Biasanya tombol-tombol ini merupakan perintah-perintah yang sering di gunakan untuk mengakses perintah perintah dalam menu yang seering di pakaisecara cepat.Biasanya tombol-tombol ini merupakan perintah-perintah yang sering digunakan.
4.ToolBox
ToolBox adalah tempat penyimpanan control yang akan kita megunakaan pada program yang di pasangkan pada formdan merupakan daftar komponen  yang dapat di gunakan untuk mendesain tampilan  program aplikasi yang akan di buat. Toolbox berisikan icon-icon yang nantinya akan dipakai dalam pembangunan program aplikasi.

Gambar  4.3 toolbox
5.Project
Project adalah sekumpulan modul, jadi project atau proyek merupakan program aplikasi itu sendiri. Project disimpan dalam file yang berakhiran VBP. File ini menyimpan seluruh komponen program, termasuk pilihan proyek, pilihan environment, pilihan file EXE dan segala sesuatu yang berkaitan dengan proyek. Kemudian didalam project mengandung semua file didalam aplikasi Visual Basic. Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan istilah Project.

Gambar 1.3. Layar pemilihan jenis project
Visual Basic 6.0 menyediakan 13 jenis project yang bisa dibuat seperti terlihat pada gambar 1.3 di atas. Ada beberapa project yang biasa digunakan oleh banyak pengguna Visual Basic, antara lain:
(1) Standard EXE: Project standar dalam Visual Basic dengan komponen-komponen standar. Jenis project ini sangat sederhana, tetapi memiliki keunggulan bahwa semua komponennya dapat diakui oleh semua unit komputer dan semua user meskipun bukan administrator. Pada buku ini akan digunakan project Standard EXE ini, sebagai konsep pemrograman visualnya.
(2) ActiveX EXE: Project ini adalah project ActiveX berisi komponen-komponen kemampuan intuk berinteraksi dengan semua aplikasi di sistem operasi windows.
(3) ActiveX DLL: Project ini menghasilkan sebuah aplikasi library yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua aplikasi di sistem operasi windows.
(4) ActiveX Control: Project ini menghasilkan komponen-komponen baru untuk aplikasi Visual Basic yang lain
(5) VB Application Wizard: Project ini memandu pengguna untuk membuat aplikasi secara mudah tanpa harus pusing-pusing dengan perintah-perintah pemrograman.
(6) Addin: Project seperti Standard EXE tetapi dengan berbagai macam komponen tambahan yang memungkinkan kebebasan kreasi dari pengguna.
(7) Data project: Project ini melengkapi komponennya dengan komponen-komponen database. Sehingga bisa dikatakan project ini memang disediakan untuk keperluan pembuatan aplikasi database.
(8) DHTML Application: Project ini digunakan untuk membuat aplikasi internet pada sisi client (client side) dengan fungsi-fungsi DHTML.
(9) IIS Application: Project ini menghasilkan apliaksi internet pada sisi server (server side) dengan komponen-komponen CGI (Common Gateway Interface).
Selanjutnya pilih Standard EXE dan tekan [Ok]. Lalu muncul tampilan dari Standard Exe seperti pada gambar 1.1. Dengan demikian project sudah siap dibuat. Dalam pembuatan project sebelumnya double click pada form yang terbuat maka adak terlihat jendela tersembunyi (hidden windows) yang berupa jendela untuk pembuatan program atau jendela kode (code windows). Hal ini Dapat dilakukan dengan cara memilih ikon jendela form atau jendela kode yang ada di [Project].
6.Properties Windows
Properties Windows digunakan untuk menentukan setting suatu objek dan untuk mengatur sifat ( property) dari from atau control-control. Suatu objek biasanya mempunyai beberapa property yang dapat diatur langsung dari jendela properties atau lewat jendela program.Untuk  menggunakan property yaitu klik terlebih dahulu control yang diinginkan kita setting. Isi  dari Windows property ini dapat berubah-ubah sesuai dengan from atau control yang dipilih, karena masing-masing from atau control memiliki property yang berbeda-beda. Untuk manipulasi control yang perlu diperhatikan adalah pada jenis propertinya dan nilai property. Jenis property berkaitan dengan karastristik objek sedangkan nilai propertinya adalah nilai jenis propertinya yang kita pilih.Dalam mengisi nilai property kita dapat memilih dari daftar yang telah di sediakan atau mengisinya dengan manual.Properties Windows berfungsi untuk mengatur tampilan pada suatu komponen yang terpilih atau yang aktif . masing – masing komponen memiliki daftar property dan cirri-ciri yng berbeda , anda dapat langsung mengatur nilai property suatu control pada jendela properties , property di gunakan untuk menentukan setting suatu objek, bentuk dari properties dapat di lihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 6.1 Properties Windows
Properti Windows terdiri atas tiga bagian , yaitu :
1. Bagian untuk memilih Objek digunakan untuk memikih objek yang akan diubah Propertinya. Bagian ini secara otomatis berubah jika telah pemilihan pada control terdapat pada from.
2. Bagian untuk pengaturan nilai-nilai property digunakan untuk mengubah nilai- nilai property objek yang dipilih.
3. Bagian untuk memilih property sebuah Objek bagian ini digunakan untuk menampilkan daftar property yang dimiliki sebuah Objek. Daftar property ini tidak sama antara satu Objek dengan Objek lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar